Sabtu, 05 Februari 2011

Gold and Nanotechnology

Emas merupakan logam yang sangat berharga bagi manusia baik dinilai dari keindahan maupun karakter emas itu sendiri. Bahkan emas dikaitkan dengan Tuhan, raja, kekuasaan, dan immortalitas. Seiring dengan adanya kemajuan nanoteknologi, berbagai penelitian telah dilakukan untuk menggali manfaat emas mulai dari pengobatan kanker hingga penanganan perubahan iklim global. Berikut adalah beberapa contoh hasil penelitian tentang material emas.


AuroShell™, Gold for health



Penelitian emas sebagai salah satu pengobatan kanker telah dimulai sejak 50 tahun yang lalu. Banyaknya masalah yang timbul pada daerah kanker menyebabkan molekul obat yang masuk ke dalam tubuh tak dapat bekerja secara spesifik sehingga dosis obat yang diberikan kepada pasien melebihi dosis yang dibutuhkan. Padahal molekul obat tak dapat membedakan antara sel tubuh normal dengan sel kanker hingga menyebabkan berbagai efek samping yang lebih berbahaya dari kanker itu sendiri. Oleh karena itu dilakukan berbagai penelitian untuk mendapatkan cara yang terbaik agar molekul obat dapat mencapai sel target tanpa merusak sel tubuh yang masih normal. Salah satunya adalah dengan nanopartikel emas.


AuroShell™ merupakan salah satu produk nanoteknologi Aurolase™ dari Nanospectra yang menggunakan nanopartikel emas sebagai drug-coated film untuk mengantarkan molekul obat ke sel kanker. AuroShell™ merupakan hasil kombinasi dari sifat fisik dan optik dari emas dengan laser yang dapat menghasilkan suhu tinggi sehingga dapat menghancurkan jaringan kanker tanpa merusak jaringan-jaringan di sekitarnya.


Seiring dengan penemuan AuroShell™ sebagai salah satu cara penyembuhan kanker, penggunaan emas dalam bidang kesehatan semakin meluas di antaranya pada diagnostik awal pada penyakit kanker prostat atau deteksi adanya HIV. Nanopartikel emas merupakan bahan yang sangat kuat, memiliki stabilitas dan akurasi yang tinggi serta tidak beracun sehingga tidak menimbulkan efek samping pada pasien.


AuroLITETM, Gold for Environment



Semakin tua usia dunia kita semakin banyak pula permasalahan lingkungan yang muncul. Permasalahan ini merupakan salah satu manifestasi dari adanya pertumbuhan penduduk  dan jumlah kebutuhan energi yang meningkat diiringi adanya ancaman pemanasan global. Teknologi nanopartikel emas menawarkan solusi yang terbaik untuk berbagai permasalahan lingkungan yang muncul mulai dari program penghijauan, kontrol polusi, dan pemurnian air.


Hampir dari seluruh kegiatan produksi industri menggunakan bahan kimia termasuk katalis. Katalis dapat mempercepat seluruh proses reaksi kimia tanpa mempengaruhi produk dari reaksi tersebut. AuroLITETM menawarkan katalis yang berbasis nanopartikel emas yang memiliki produktivitas terbaik karena dapat menurunkan jumlah logam yang diperlukan sebagai katalis, menurunkan temperatur dan tekanan yang dibutuhkan saat proses berlangsung, meningkatkan selektifitas, dan tentunya menghasilkan residu yang sedikit dan ramah lingkungan.


Katalis emas ini banyak memberi keuntungan pada berbagai reaksi kimia, salah satunya adalah pada produksi Vinyl Acetate Monomer(VAM). VAM merupakan kunci dari berbagai emulsi polimer, perekat, resin, pelapis, dan tekstil. Salah satu pabrik skala internasional terbesar ketiga yang menggunakan basis teknologi ini adalah INEOS.


High density data storage



Dengan berkembangnya sistem komputasi dan portabilitas barang, semakin besar pula kebutuhan untuk menyimpan berbagai data dalam alat yang portabel, mini, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Solusi dari permasalahan tadi dapat dipenuhi oleh DVD atau flashdrive yang dikelola dengan basis nanoteknologi gold nanorod yang memiliki kapasitas lebih dari 10 Tb (10,000 Gb). Kapasitas yang sangat tinggi ini didapat dari pengaplikasian gold nanorod yang dapat membaca seluruh hasil polarisasi cahaya yang berbeda pada tiap gelombang tertentu, serta dengan adanya modifikasi frekuensi tiga dimensional menyebabkan bidang polarisasi semakin besar sehingga kapasitas dapat tak tertentu.


Energy-efficient glazing coatings


Tak dapat dipungkiri bahwa dengan perkembangan teknologi yang pesat mendorong bidang lain untuk berkembang seperti bidang arsitektur. Desain gedung-gedung modern menuntut penggunaan material yang ramah lingkungan serta didukung berbagai fitur seperti solar cell sebagai sumber energi yang dipadukan dengan gaya arsitektur yang indah, tingkat keamanan yang tinggi, dan desain ruang yang dinamis dan megah.


Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibuatlah material berupa kaca berlapis partikel emas (gold-coated glass) yang memiliki warna unik yaitu biru kristal, didukung dengan kemampuan menyerap energi dari matahari (solar cell), menurunkan temperatur di dalam gedung sehingga interior gedung tetap nyaman walau menggunakan dinding kaca yang relatif tipis namun sangat kuat dan efisien.



Sumber: GOLD FOR GOOD,Gold and nanotechnology in the age of innovation oleh Dr Trevor Keel, Dr Richard Holliday, dan Dr Tim Harper.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls